Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

iklan

Kawaasan candi arjuna dieng

Kawasan candi arjuna dieng





Komplek Candi Hindu yang berada di pusat kawasan Wisata Dieng ini terdiri dari lima Candi yaitu Candi Arjuna, Candi Puntadewa, Candi Srikandi, Candi Sembadra dan Candi Semar.
Sebagaimana Candi-candi di Dieng lainnya, masing-masing Candi di Komplek Candi Arjuna memiliki nama yang diambil dari kisah-kisah pewayangan Mahabharata
Candi Arjuna adalah sebuah bangunan candi Hindu yang terletak di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia.
Candi Arjuna terletak paling utara dari deretan percandian di kompleks tersebut.
Dataran Tinggi Dieng sudah lama dikenal oleh para nenek moyang,  Bukan sebagai tempat wisata, tapi sebagai tempat pemujaan atau peribadatan. Konon pembangunan Candi Arjuna, Candi Srikandi, Candi Puntadewa dan beberapa candi kecil lain di Kompleks Percandian Arjuna sudah ada jauh sebelum berdirinya Kerajaan Mataram Kuno.
Candi Arjuna memiliki kesamaan corak relief dan arsitektur dengan Candi Bima yang berdiri nggak jauh dari Kompleks Candi Arjuna. Keduanya lebih mirip dengan bangunan kuil India kuno dan diyakini didirikan lebih awal daripada candi-candi lainnya. Hal ini membuat kondisi kedua candi tersebut lebih rapuh dan rentan terhadap resiko runtuh atau rusak. Jadi sebagai wisatawan penting untuk menjaga kelestarian Candi Arjuna dengan tidak naik ke atasnya atau duduk dan membuang sampah sembarangan.
Kompleks Candi Arjuna Dieng relatif mudah didatangi, baik dengan kendaraan pribadi atau sewaan maupun dengan kendaraan umum.nggak perlu repot gonta-ganti angkutan ke Candi Arjuna. karena angkutan umum ke Dieng juga banyak tersedia.
Kalo kamu berangkat dari Yogyakarta, cari bus tujuan Magelang. Sampai di Terminal Magelang ganti bus jurusan Wonosobo. Sesampainya di Terminal Wonosobo tinggal cari angkutan umum (minibus) tujuan Dieng. Kalo l naik kereta dari Jakarta atau daerah lain di Jawa Barat, pilihlah kereta api jurusan Purwokerto, travelers. Sampai di Purwokerto pergi ke Terminal Purwokerto trus naik bus jurusan Wonosobo. Bus ini akan membawamu ke pertigaan Dieng dan bilang aja ke pak sopir kalo mau turun di pertigaan Dieng biar enggak kesasar.






1 komentar untuk "Kawaasan candi arjuna dieng"

BELAJAR BAHASA Selasa, 13 Agustus 2019 pukul 16.48.00 WIB Hapus Komentar
info menarik