Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

iklan

Candi pelaosan klaten jawa tengah

Candi Plaosan terletak di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini terletak kira-kira satu kilometer ke arah timur-laut dari Candi Sewu atau Candi Prambanan.untuk tiket masuk 3000 dan parkir saja.
Adanya kemuncak stupa, arca Buddha, serta candi-candi perwara (pendamping/kecil) yang berbentuk stupa menandakan bahwa candi-candi tersebut adalah candi Buddha. Kompleks ini dibangun pada abad ke-9 oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan pada zaman Kerajaan Medang, atau juga dikenal dengan nama Kerajaan Mataram Kuno.
Jika anda akan berkunjung ke Candi Prambanan, mungkin anda juga tidak ingin melewatkan kesempatan untuk mengunjungi situs kompleks Candi Plaosan.
Kompleks Plaosan dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Kedua candi itu memiliki teras berbentuk segi empat yang dikelilingi oleh dinding, tempat semedi berbentuk gardu di bagian barat serta stupa di sisi lainnya. Karena kesamaan itu, maka kenampakan Candi Plaosan Lor dan Kidul hampir serupa jika dilihat dari jauh sehingga sampai sekarang Candi Plaosan juga sering disebut candi kembar.
Situs bangunan candi yang terbesar di kompleks ini terdapat pada Candi Plaosan Lor. Di pelataran terdepan akan dijumpai 2 pasang patung Dwarapala besar yang saling berhadapan, yang ada di pintu masuk sebelah utara dan selatan masing-masing sepasang. Pada bagian pelataran sebelah utara, bisa ditemukan sebuah teras persegi yang terbuat dari batuan. Di bagian atas teras ini diyakini dahulu berupa bangunan dari kayu, dan sudah hancur. Dan di teras ini dahulu diyakini terdapat patung Dhyani Buddha.
Kompleks Candi Plaosan Kidul sangat kontras dengan Candi Plaosan Lor. Letak Candi Plaosan Kidul ada di sisi sebelah selatan Candi Plaosan Lor, dan posisinya terpisah. Namun sayangnya kompleks ini bentuknya hanya berupa retuntuhan dan puing-puing saja. Di kompleks Candi Plaosan Kidul ini hanya ada beberapa candi perwara atau candi-candi kecil saja.

Posting Komentar untuk "Candi pelaosan klaten jawa tengah"