Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

iklan

Candi sawentar Blitar

Candi Sawentar terletak di daerah Sawentar, sekarang bernamaDusun Centong. Tepatnya dalam wilayah Desa Sawentar, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Candiini terbuat dari batuandesitberukuran panjang 9,53 m, lebar 6,86 m dan tingginya 10,65 m. Pintu masuk menuju bilik berada di sebelah barat, dengan ornamenmakarapada pipi tangga, sedangkan relung-relungnya terdapat pada setiap dinding luar tubuhcandi. Di dalam ruangan bilik ditemukan reruntuhanarcadengan pahatan burung garuda, yang dikenal sebagai kendaraanDewa Wisnu. Berdasarkan hal ini dapat diketahui bahwa Candi Sawentar merupakan bangunan suci yang berlatar belakang agamaHindu. Setiap bangunan keagamaan purbakala di Indonesia di namakan candi. Nama candi Sawentar disebut-sebut di dalam Kitab Negara kertagama, Candi Sawentar disebut juga Lwa Wentarsebagai salah satu tempat yang dikunjungi oleh raja Hayam Wuruk, seperti yang diungkapkan dalam kitab itu menyebutkan daerah bernama“Lwa Wentar”. Dalam Pupuhnya disebutkan,

Belum diketahui secara pasti kapan dan oleh siapa Candi Sawentar ditemukan. Menurut berita dari juru pelihara, dulu candi ini tertimbun tanah dari bagian tengah hingga bawahnya. Pada 1915 dan 1920–1921 Dinas Purbakala Hindia Belanda melakukan penggalian pada bagian bawah candi yang tertimbun lahar Gunung Kelud. Diketahui Gunung Kelud yang dituliskan dalam prasasti Palah, merupakan tempat dari Sang Hyang Acalapati atau dewa gunung yang pada masa Kertajaya diagungkan agar tidak murka.Hal ini juga diketahui dari bukti dan catatan geografis yang mengatakan bahwa Gunung Kelud sering meletus. Dari sini pantaslah bahwa situs-situs sekitar Gunung Kelud termasuk Sawentar tertimbun abu vulkanik.Pada saat ini jika di amati Candi Sawentar berada di bawah permukaan tanah permukiman penduduk sekitarnya. Adapaun lapisan tanah yang bisa kita jumpai hasil bentukan dari vulkanik Gunung Kelud jika kita berada di tanah bagian selasar batur candi. Tanah asli pada saat candi ini dibangun adalah tanah yang berada di bawah selasar batur/kaki candi, bukan tanah yang menjadi pijakan rumah penduduk sekitar. Pada 1992-1993 Candi Sawentar dipugar oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Trowulan, Jawa Timur.Setelah dipugar, candi ini dijaga juru pelihara (jupel) Bapak Sugeng Ahmadi (2000 hingga sekarang). Beliau ditemani oleh Mbak Punawati yang menjadi jupel 2.

Sumber:
Wikipedia
Hurahura.com

Posting Komentar untuk "Candi sawentar Blitar"